Bukankah Kita Bersaudara ?

Judul ini saya ambil dari artikel kiki . Pada artikel itu , teman saya bercerita tentang fenomena yang ada di lingkungannya dalam menyikapi penderitaan rakyat Palestina . Dan saya yakin , g cmn d pekanbaru aja fenomena tersebut terjadi . Di berbagai kota saya yakin ada posko - posko khusus dalam membantu saudara kita di Palestina . Mulai dari pembukaan pendaftaran bagi warga yang ingin berjihad , pembukaan rekening amal bagi yang ingin membantu dengan hartanya , maupun yang menghimbau agar kita berdoa untuk saudara kita di Palestina . Bukan suatu yang jelek sebenarnya . Dan saya dukung itu . Karena bukankah umat Muslim itu bersaudara ?

“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat nikmat.” [Q.S. 49 :10]


Namun saya jadi iri , mengapa dalam hal ini umat Islam , khususnya di Indonesia , berebut untuk memberikan bantuan sedangkan dalam keseharian kita , kita sering melihat di sekeliling banyak orang yg juga membutuhkan ? Dimana rasa persaudaraan kita ketika melihat seorang tua renta yang tidak mendapatkan tempat duduk sedangkan kita duduk dengan nyamannya ? Dimana rasa persaudaraan kita ketika ada teman kita yang dikeluarkan dari sekolah gara - gara tidak mampu bayar uang gedung ? Bukankah mereka saudara kita sesama muslim ?

Terkadang saya merasa bahwa kita ini hanya di jadikan boneka . Oleh siapa ? Oleh media . Ketika sedang ramai masalah Palestina , kita orang ramai mengutuk Zionis Yahudi . Ketika ramai masalah Iran , kita ramai mendukung Iran . Namun yang jadi pertanyaan dalam hati ini , apakah kita melakukan itu semua karena Allah ? Atau hanya gara - gara teman , keluarga , maupun lingkungan melakukan hal tersebut ? Pernahkah kita berpikir bahwa ketika kita demo , maka ada saudara muslim di sekitar kita yang melihat dan berkata , "Kalian susah - susah membantu rakyat Palestina , tapi saudara di sekitar kalian tidak kalian bantu" ? Jika ada yang sudah melakukan karena Allah dan mengetahui esensi dari Q.S. Al Hujurat : 10 tersebut , saya yakin pasti dia akan melakukan hal yang serupa bagi lingkungannya . Bagi saudara muslim di sekitarnya . Jika belum , mungkin kita bisa menjadikan fenomena Palestina dan Kebiadaban zionis ini sebgai langkah awal dalam membangun rasa persaudaraan dan empati sesama muslim . Tidak hanya bagi saudara di Palestina , tapi juga saudara kita yang tertindas di sekitar kita .

Kesimpulan yang ingin saya tekankan pada artikel ini ,

LAKUKAN HAL YANG SAMA BAGI SAUDARA DI DAERAH TERDEKAT KITA DENGAN APA YANG KITA LAKUKAN KEPADA SAUDARA KITA DI PALESTINA
. Anda bisa menginfakkan uang 1 dollar ? Pasti Anda bisa melakukan hal yang serupa untuk tetangga kita yang membutuhkan . Yang patut kita ingat , ketika Palestina sedang bertempur secara fisik melawan tank dan serdadu , maka Indonesia sedang bertempur secara mental melawan pemurtadan . Lawannya ya sama aja . Missionaris dan Zionis . Jangan sampai kita terlena dalam membantu umat muslim di Palestina dan melepaskan tanggung jawab kita kepada umat muslim di daerah terpencil yang sedang berjuang melawan pemurtadan dan pembodohan .

===


note : di tulis 4 jam sebelum saya menghadapi final exam pertama . makasih buat kiki atas artikelnya . saya jadi terpikir kembali untuk menulis hal yang dulu pernah terlintas di benak saya . sebelumnya saya berniat menggunakan waktu 4 jam ini untuk fokus belajar .


7 comments:

  1. kahfinyster said...:

    iye,, kita sodara,,

  1. abinehanafi said...:

    iyo syeif pasti to mas yang jauh sj kita bantu apalagi yg dkat. kita bkan trmakan media, kita mengamlkan banyak hadist nabi ttg ukhuwah dan kesempurnaan iman. jgn lp palestina-israel adalah kunci utama perdamaian dunia, perang akhir zaman di sana jg lho....

  1. Ahmad Sheva said...:

    @ habinehanafi : alhamdulillah ustadz klo ustadz bisa kayak gitu . ini artikel cmn sekedar mengingatkan aja sih sebenarnya . bukan ada maksud menyepelekan penderitaan yang di alami warga Palestina . yang saya takutkan , , pada beberapa orang (semoga kita tidak termasuk di dalamnya) , mereka bersuara tentang Palestina bukan karena ukhuwah , tp karena lingkungan . ini yang saya takutkan . but , , kita sama2 berusaha .

    afwan ustadz klo ada kata yang salah dan tolong d betulkan . ini cuman pendapat seorang manusia biasa yang mempunyai keterbatasan pikiran . :)

    @ kahfinyster : bener sekali . kita orang bersaudara . karena kita juga muslim . bdw , , klo di singapore gmn nih ? apa rame kayak di Indonesia ?

  1. Ada satu hal yang bisa saya tanggapi mengenai hal ini :
    Skala prioritas, dalam tiap perbuatan ada yang dinamakan skala prioritas. Dan kondisi Palestina sekarang sangat darurat, baik dilihat dari sisi korban maupun politik internasional.

  1. Ahmad Sheva said...:

    @ comment 4 : setuju saya . tapi bukan berarti ini membuat kita menutup mata terhadap kesulitan saudara muslim di sekeliling kita bukan ? :)

  1. puan malaya said...:

    Yup, iyah bro...betul bro !!! cuma jangan ampe kliatan kalo sodara -sodara seiman kita yang gi bermasalah wal berkonflik cuma di PAlestina aja. Justru, di Indonesia, Kashmir, Mindanao, Somalia, juga bermasalah. Sebagai saudara nih, saya dikit kasih saran (dianggap banyak juga gpp) : hati**, semua konflik ini sebenarnya agenda imperialisme. jadi...

  1. kiki ali said...:

    weitsss....
    ada nama KIKI!!!
    baus brooo,,,
    bagus!
    hahaha, publikasi yang bagus buat blog ki2.
    hehe...

    iya, bukan berarti mnegetepikan saudara dekat kita.
    cuma media tidak menggembar gemborkan keadaan sodara kita yang dekat dengan kita se wah berita tentang palestin kan..

    kadang2 kalo pulang kampus pas di lampu merah suka miris, liat ibu2 udah tua, anak2, ngemis2..
    pake atribut islam..
    pilu ngeliatnya

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists