Blogger dan Saya

Sejujurnya , saya sudah lama ingin menuliskan tentang hal ini . Hal yang amat penting karena berkenaan dengan dunia perbloggeran yang saya ikuti . Ini menyangkut tentang alasan saya memilih untuk menekuni dunia blogging . yah , , walo masih dalam taraf belajar sih (belajar makan waktu satu taon :D) .

Alasan yang paling penting mengapa saya memilih nge-blog itu yang paling penting karena di sini saya bisa belajar dan berkarya . Belajar di blogosphere berbeda dengan belajar di sekolah formal . dan ini yang bikin saya jatuh cinta . Perbedaan mendasar antara sekolah formal dengan blogosphere menurut saya (menurut saya nih) adalah tidak adanya batasan antara orang yang mau belajar dengan yang mengajar . setiap orang bisa belajar di sini . tidak harus menempuh jenjang tertentu untuk mendapatkan suatu ilmu . sebagai contoh , blogger Alam . jika Anda sudi berkunjung ke blog dia , maka Anda tidak akan percaya bahwa si penulis , Syamsul Alam , itu masih kelas 2 SMA . dan dia baru mulai nge-blog pada juni 2008 , itu berarti cuman butuh 8 bulan untuk mengubah blognya menjadi yang seperti sekarang . bandingkan dengan blog saya yang walo sudah satu tahun tapi masih seperti blog newbie . :)

Berkarya di blogosphere pun berbeda dengan berkarya di dunia nyata . Jika di dunia nyata karya yang di hasilkan merupakan benda nyata , maka blogosphere menghasilkan karya berupa tulisan dan ide . Berhargakah ini ? bagi saya pribadi , , sangat amat berharga . . ! ! informasi yang tidak bisa di dapat di perpustakaan daerah , bisa Anda temukan di sini . dan berita up2date yang tidak di berikan di sekolah , bisa Anda temukan di sini juga . Berkaitan dengan ide dalam blogosphere , saya bisa mengambil pelajaran sebelum saya dapat pelajaran ini . Sebagai contoh , saya bisa belajar tentang edit XML dan CSS di berbagai blog semisal kang rohman , mas jaloe , atau di blogger international semisal bloggerbuster dan fernando . pun jika Anda melakukan blogwalking , Anda pasti akan menemukan berbagai tulisan menarik dan menggelitik minat Anda . ini bisa Anda buktikan di blog mas firdaus (walo blognya udh jarang d update lagi , tp tulisan yang ada bener2 menggelitik) , mbak jovie (tulisannya bener-bener khas tapi bermakna) , maupun yang katagori tulisan berat dari blogger senior berusia muda semacam mas fatih hingga blogger senior yang bener-bener udh senior (dari segi umur nih) kayak bung rovicky yang isinya lebih d fokuskan dalam bidang geologi , maupun blognya di tempe yang isinya cuman opini tentang berita hangat di Indonesia .

Ada juga blog yang berbau ke arah politik seperti pkswatch yang di kelola oleh bung DOS . blog ini termasuk salah satu blog favorit saya . karena isinya yang mengulas tentang dakwah yang di lakukan PKS dalam sisi oposisi . jika Anda mencermati , Anda bisa belajar 2 hal dari blog ini . pertama : Anda bisa belajar hadist dan qur'an serta tafsir . karena di blog ini di sarankan menggunakan dalil sebagai dasar argumen dan artikel , secara tidak langsung melatih kita untuk mengetahui lebih dalam tentang Islam , terutama dalam ranah politik . kedua : Anda bisa belajar untuk berpikir kritis . ini bisa Anda coba setelah berkunjung ke blog tersebut .

Selain blog yang saya sebutkan di atas , ada banyak lagi blog yang bisa Anda ambil pelajaran untuk berkarya . Seperti mbak yeni , ustadz syarif , mas doli dan banyak lagi (maaf saya tidak bisa menyebutkan satu persatu) . Ada banya ilmu yang bisa Anda dapat . Jadi , ayo kita nge-blog . . ! ! Nge-blog tidak di haruskan menguasai cara menulis yang bagus dan sesuai EYD . tidak harus punya ide bejibun untuk memulai ide nge-blog . yang harus Anda punya adalah kemauan untuk belajar dan bersosialisasi (hal terakhir ini baru saya lakukan dalam 3 bulan terakhir maka jangan heran klo saya masih newbie :D) .

Sebagai penutup , saya akan memberikan rasa terima kasih pada hendro tri utomo , temen sekelas saya yang udah memberikan tantangan kepada saya untuk nge-blog . walo sekarang saya gak tau account dia masih ada apa enggak . kalo suatu saat mampir ke blog ini , semoga dia tahu bahwa saya amat sangat berterima kasih sudah menjadi 'rival' saya selama SMA . domo arigato .


===

ditulis di kamar temen saya dalam keadaan belum mandi .

Ikuti tulisan saya via e-mail

Labels:

13 comments:

  1. Unknown said...:

    bener banget sbnrnya banyak hal yg bs kita pelajari dr dunia pembloggeran ini...
    hehe, mudah2nnya rivalnya ntuh jg msh aktif y...
    keep blogging. dan sukses selalu

    -sarahtidaksendiri.wordpress.com-

  1. Syamsul Alam said...:

    Huehuehuehue, waduh, suatu kehormatan saya baru saja kenal dengan mas dan langsung dapat link back di postingannya Wkwkwkwkkwk.... saya terharu.... hiks-hiks.....

    Dan.... saya mulai ngeblog dari Juli ketika ulang tahun saya, saya tidak setua itu..... Wkwkwkwkwk.......

    Umur blog saya masih setengah dari umur mas, jadi, mohon bimbingannya yah, mas...... Akan segera saya link back karena sudah memenuhi semua persyaratan. Terima kasih banyak!

    Tapi, link saya ada di mana yah? Huheuheuheu.... saya link dulu aja deh, saya percaya kok ama mas... :D

  1. Syamsul Alam said...:

    Owh, ternyata berada tepat di sebelah kotak komentar link aku....... wkwkwkkwkwk......

    Sori........

  1. .:shev:. said...:

    @ #1 : iya mbak . dan saya baru menyadari ini setelah saya kuliah . jadi istilahnya blog ini baru bener-bener hidup pada bulan agustus 2008 . sebelum itu , , cmn sekadara iseng aja . gtw jg apa gunanya punya blog .

    rival saya kayaknya udh g aktif lagi accountnya . terakhir kali saya bertemu dia pada libur semester kemarin , dia bilang blognya udh g d urus . soalnya sekarang dia dapat tugas bikin website pribadi . wah , , tantangan baru bagi saya ini . :)

    @ #2 : hehe . yang terharu itu sebenarnya saya lho dek . saya jadi berpikir bahwa saya harus lebih banyak belajar lagi tentang perbloggeran . jadi enggak kalah ama kamu . :)

    umur blog km baru setengah taon , tp isinya lebih bagus dari punya saya yang berumur setaon . jadi , , saya mohon bimbingannya ya . :D

    bdw , , bisa minta ajarin cara bqn re-seller web g ? klo mw balas , isa lewat japri . tak tunggu lho . :)

    @ #3 : saya kan bukan tipe pembohong . ;)

  1. abinehanafi said...:

    iya dech, moga jadi blogger sejati. tapi kira-kira seberapa efektif blog membuat perubahan ya...?

  1. .:shev:. said...:

    @ #5 : tergantung dari seberapa terkenal blog kita . semakin banyak link di blog kita , maka orang yang membaca tulisan kita akan semakin banyak pula . di situ kita bisa berdakwah . maka klo menurut saya , inti dari blogging itu blogwalking (berkunjung ke blog laen) dan saling bertukar link . dan perubahan yang kita inginkan tidak bisa langsung sim salabim dan abakadabra atau balik telapak tangan langsung jadi . tp butuh waktu lama untuk itu . mungkin tulisan kita saat ini belum berarti , tp lama - lama kan bobot tulisan akan terus bertambah . ini juga termasuk salah satu usaha kita untuk mengimbangi penyebaran media yang memojokkan Islam .

    ini cuman sedikit pendapat saya aja sih ustadz . seberapa besar manfaat dari blog kita ya tergantung niat ama usaha kita . yang penting terus menulis aja ustadz . dakwah kita melalui ini . :)

  1. JoVie said...:

    WAh, berarti blogku lebih muda dari blognya Mas Sheva...semua yang disebutkan diatas emang blogger berkelas kecuali blogku..kok blogku diikutsertakan..jadi tersanjung sekaligus malu karena pujian diatas gak sesuai dengan isi tulisanku yang biasa aja bahkan lebih banyak curhat daripada ilmu yang ada di blogku....

    Oh iya...sejujurnya, aku naksir blog ini sejak pertama kali datang ke sini, dan sejujurnya aku banyak belajar dari sini, meskipun Mas Sheva baru berusia 18 tahun tapi tulisannya padat berisi, itulah sebabnya langsung aku "subscribe via mail" biar aku bisa mengikuti seluruh update blog ini...

    Thanks Mas Sheva....

  1. Syamsul Alam said...:

    Hm, reseller web yah mas..... Kalo bisa sih, bisa banget. Asal mas punya persyaratan ini.

    Produk yg mau mas jual (jangan jualan mimpi yah.... wkwkwkwkwk)

    Waktu untuk belajar dan mengelola

    Teman untuk promosi

    Sedikit duit buat beli domain dan hosting

    dan Script Reseller

    Klo berniat beneran, silakan email saya karena sungguh, saya ga tau si japri itu siapa.....

    ni alamat email saya....

    alamreally2smart@gmail.com

    Ku tunggu juga balesan dari mas.... heuheuheuheu.......

  1. .:shev:. said...:

    @ #7 : yups . klo g salah umur blog mbak tu sama kayak umur blog mas firdaus ya ? eh salah , duluan mas firdaus dulu baru mbak .

    wah , , tulisan saya masih perlu banyak yang d benahi mbak . masih perlu banyak koreksi . sudi kiranya mbak mengajari saya . :)

    @ #8 : hem . begitu aq nyampe melaka (sekarang aq lg g ada di 'rumah') , ntr langsung q kirim e-mail k km . cz aq pngn belajar tentang ini .

    japri itu jalur pribadi . ya e-mail itu . :)

    maap baru bales , ini lagi holiday dan aq ada rencana cari part-time buat ngisi holiday ini . jadi mw fokus cari job dulu . maap ya . :)

  1. JoVie said...:

    Firdaus nge blog dari 2005 sedangkan aku mei 2008, tapi dia mulai aktif bulan april jadi sering bareng2 deh waktu dia aktif and sekarang dia jarang sekali update..skrg dia tiba2 pergi...dari awal nge blog sampe sekarang saya belajar banyak dari Firdaus...kalo minta saya yang mengajari itu salah besar, dek...saya aja masih belajar banyak nih....dan tulisan kamu keren-keren banget kok, jadi saya yang belajar dari kamu nih...or kita sama2 belajar nih...

  1. Anonymous said...:

    saya ngeblog juga baru n iseng-iseng aja sih tapi tampilannya keren lho. n juga setiap ke warnet ketik asal2an selama 1 jam.

  1. duniyakoe said...:

    walah....namaku juga disebut disini
    haduh...haduh..makasi yaaaa
    padahal isi blog ku ga ada yang penting
    hehehehe.....

    iya, bener banget
    aku juga banyak blajar dari ngeblog
    malah lebih banyak yang aku dapet dari ngeblog ketimbang di bangku kuliah

    dapet jodoh juga malah, hehehehe...

  1. Anonymous said...:

    dunia blog ini positif banget,,

    banyak yg bisa kita dapet,,

    dan kita juga bisa berbai di dunia ini,,

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists