Insomnia

Ada yang pernah ngerasain insomnia ? Atau bahkan Anda sendiri terkena insomnia ?

Insomnia , berdasarkan wikipedia1 mempunyai arti :

A symptom of a sleeping disorder characterized by persistent difficulty falling asleep or staying asleep despite the opportunity. It is typically followed by functional impairment while awake. Insomniacs have been known to complain about being unable to close their eyes or "rest their mind" for more than a few minutes at a time. Both organic and non-organic insomnia constitute a sleep disorder


Terjemahan bebasnya , suatu gejala dari penyakit tidur yang ditandai dengan susahnya untuk tidur atau tetap tidur walau mempunyai kesempatan yang berlanjut terus menerus . Hal ini akan diikuti oleh lemahnya fungsi tubuh pada saat bangun . Penderita insomnia akan mengeluh bahwa mereka tidak bisa menutup matanya ataupun mengistirahatkan pikiran mereka lebih dari beberapa menit dalam satu waktu . Baik organic maupun non-organic insomnia membentuk suatu penyakit tidur .

Di jelaskan lebih lanjut , ada pembagian jenis insomnia . Diantaranya :

1. Transient insomnia yang berlanjut dari hari ke minggu . Ini bisa di sebabkan oleh penyakit yang lain . Seperti berubahnya lingkungan tidur , waktu tidur , depresi , atau stres . Konsekuensinya akan berakibat pada kehilangan waktu tidur .
2. Acute insomnia adalah ketidak mampuan untuk tidur nyenyak secara konsisten untuk periode antara 3 minggu sampai 6 bulan .
3. Chronic insomnia akan berlangsung selama bertahun-tahun dalam satu waktu . Ini bisa disebabkan oleh gangguan lain , atau bahkan bisa menjadi pirmary disorder . Termasuk dalam bagian ini adalah tidak bisa tidur , keletihan otot , halusinasi , dan atau keletihan mental . Namun penderita chronic insomnia sering memperlihatkan peningkatan kewaspadaan . Orang-orang yang hidup dengan penyakit ini akan merasa akan merasa berada di slow motion , dimana object yang bergerak terlihat oleh mereka seperti bercampur .


Dari pengertian di atas , kita termasuk insomniac g ya ? Kalo aq pribadi sih pastinya masuk dalam katagori transient insomniac . Gimana enggak ? Akhir-akhir klo malam susah banget tidur . Yah , , walo ngantuk tapi rasanya klo tidur bakal g sholat shubuh . Cz biasanya aq baru ngantuk di atas jam 1 pagi . Telat banget kan ? Itulah makanya kenapa aq mengkatagorikan diriQ sebagai penderita transient insomniac . Berbahaya g ? Wah , , bagiQ sih g berbahaya . Hidup masih berjalan seperti biasa . Cuman aq harus menyediakan waktu tidur pas siang hari . Kalo enggak , , bakal g konsen pas kelas . Yah , , semoga bisa cepet kembali seperti semula . ^^


footnote:
[1]http://en.wikipedia.org/wiki/insomnia

Labels:

2 comments:

  1. abinehanafi said...:

    Wah… kasihan antum mas. Mulai kapan kena penyakit begitu..? tapi gpp jg sbenarya, bukankah dulu Rasulullah saw , para sahabat dan generasi salaf juga sedikit tidurnya? Para imam biasanya menghabiskan malamnya untuk menulis kitab dan menelaahnya. Sebagian lagi menghabiskan malamnya untuk beribadah kepada Allah swt. Maka tidak aneh meskipun hanya dengan tulisan tangan, Imam suyuti mengarang puluhan kitab. Itu juga yang membuat orang-orang sholeh zaman dulu bisa khatab al-Qur’an dalam semalam.

    Kalau Syeif mah mungkin cukup ngisi blognya atw coba2 program baru. Bermanfaat juga kan? Apalagi kalau niatnya baik, of course dapat pahalal dari Alah swt. Amiiiiiiiiiiinnn.

    Dah prnah coba tips ini belum? “kiat-kiat Islam supaya bisa cepet tidurr”. Caranya yaitu ambil air wudhu, dan wudhu yang sempurna, kemudian laksanakan sholat sunnah 2 rakaat dengan ruku’ dan sujud yang lama. Selanjutnya ambillah kitab suci al-Qur’an dan membacanya. Insya Allah syeif akan cepat tidur. Kalau belum brhasil ntar ada tips selanjutnya. Selamat mencoba.

  1. Ahmad Sheva said...:

    @abinehanafi : akan saya coba ustadz tipsnya . jazakallah khoir . :D

    klo sekarang , karena lagi suka blogging , maka kerjaan klo malem itu ngoprek script. mencoba mencari hal yang baru . semoga aja bermanfaat .

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists