Refleksi atau Katarsis ?

Ada beberapa hal yang sering ditanyakan oleh teman-teman saya. Salah satunya adalah 'hobi' saya untuk mengajari orang. Yang namanya hobi, tidak berarti harus dibayar bukan ? Well, itulah yang mungkin menjadi pertanyaan. Mengapa kok mau-maunya ngajarin orang tanpa dibayar, sudah hilang waktu, capek, belum lagi kalau yang diajari 'agak' susah menangkap bahan yang sedang diajarkan. Dapat dibayangkan ketika harus mengajar data structures and algorithms kepada mereka yang masih dalam tahap computer programming I. Jika boleh diumpamakan, hal ini sama saja dengan mengajar perpangkatan kepada anak sma dimana dasarnya adalah perkalian, dan parahnya anak sma ini tidak menguasai tentang konsep perkalian. Dan jangan dikira ini hanya terjadi pada saat saya kuliah, pada saat saya smp hingga sma pun mengalami kejadian yang serupa. Berhadapan dengan orang yang sebenarnya belum siap untuk belajar tentang hal itu namun dipaksakan. Mengenai hal ini, saya sering bertanya-tanya dalam hati, "What the hell did u do during lecture, heh ?". Tapi tentu saja, saya tidak sampai hati untuk mengucapkan hal tersebut. Karena pada saat yang bersamaan saya takut hal itu justru mengurangi semangat mereka belajar. Sudah bagus-bagus mau belajar kok malah dimarahi. Toh katanya gak ada kata terlambat buat belajar. 


Kembali ke masalah mengajar, sebenarnya hal yang mendasari saya untuk mau membantu kawan-kawan saya bukanlah karena prestige, fund, proud, or those kind of stuffs. Instead, ada perasaan bangga tersendiri ketika melihat result 'anak didik' saya yang lumayan. Sekalipun hanya B+, akan tetapi nilai itu sangat berarti ketika didapat dengan jerih payah dan keringat yang tidak sedikit. Melihat wajah-wajah gembira mereka ketika memahami subject atau bahasan tertentu rasanya sudah lebih dari cukup untuk waktu yang terbuang terbagi untuk mereka. Selain itu, saya merasa bahwa mengajar menjadi suatu remainder akan subject tersebut sehingga tidak terlupa. Thus teaching without getting paid is not bad at all, right ?

Labels: ,

2 comments:

  1. kiki ali said...:

    bagian yang di del kocak!
    hahahahaha....
    okelah.. HANYA B+ ya???
    yayayayaya... HANYA

  1. .:shev:. said...:

    hahahaha . that's the truth . yah , walaupun semua tergantung dari individunya sendiri sih mbu . klo mereka mw usaha , aq yakin pasti bisa . i just believe that there's no stupid person . they are just lazy .

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists