The Beginning of An End

Hidup itu merupakan kumpulan potongan-potongan kejadian yang saling berhubungan. Bagaikan kereta dengan gerbongnya, begitu pula hidup dengan setiap kisahnya. Tak usahlah mengeluh tentang apapun yang kita alami saat ini. Toh bisa jadi ini bukan akhir tapi awal. Dan tak usah pula bergembira sehingga lupa akan batasan, mengira bahwa kebahagiaan ini adalah awal dari kebahagian-kebahagiaan yang akan datang. Hingga pada akhirnya kita merealisasikan bahwa itu adalah suatu akhir, dan bukan awal. Maka apapun yang terjadi pada kita, ingatlah selalu salah satu dari kebijakan pak tua:

Apapun yang terjadi, itu sungguh yang terbaik bagi kita. Tuhan tidak akan pernah menipu, karena dia sungguh bukan penipu

Skripsi sudah terkumpul tapi assignment masih ada beberapa. Dan jangan lupa final exam. Ditambah lagi dengan presentasi skripsi minggu depan. Selain itu, tempat tinggal untuk internship juga belum dicari. Tapi saya yakin bahwa selama Allah masih bersama saya, maka setiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Seperti yang saya alami saat memutuskan untuk mengambil skripsi semester kemarin dengan judul yang mudah dan susah, toh akhirnya saya berhasil juga melewatinya. Mudah bagi yang sudah pernah berkenalan dengan PHP dan susah bagi pemula seperti saya.

Hari-hari penuh pikiran tentang bagaimana program ini seharusnya berjalan dan cara pengimplementasiannya. Ketika sudah mendapatkan ide, tapi tidak tau caranya. Dan tau caranya tapi bingung dengan ide dasarnya. Belum lagi dengan permintaan bantuan beberapa teman untuk skripsi atau tugas mereka. Jika saya pikir saat ini, saya hampir tidak percaya melakukan itu semua. Mengajari orang tentang subject yang beberapa semester lalu telah saya ambil adalah hal yang biasa. Yang tak pernah terpikirkan adalah mengajari orang bahasa pemrograman yang bahkan pada saat phase 2 dimulai saya tidak tau bagaimana cara menjalankan program itu. Untuk skripsi mereka lagi. Berat kalau di pikirkan, tapi itulah kenyataan. Dan anda tau apa yang saya rasakan kemarin, saat report Final Year Project saya kumpulkan ? Kelegaan yang luar biasa ! Saya tidak tau apakah bisa mendapatkan 'A' untuk FYP, tapi yang saya yakin, insya Allah saya pass karena objectives yang diminta oleh supervisor saya sudah terpenuhi.

Setelah sekian lama berpusing-pusing ria dengan FYP, maka saya putuskan untuk menghadiahkan diri saya sendiri beberapa hari libur dari yang namanya coding dan report. Rencana hanya tinggal rencana. Mulai besok saya harus mengerjakan assignment web based yang submission minggu depan. Dan final meeting dengan supervisor sebelum presentasi. Tapi tak apalah, toh ini jalan untuk sebuah akhir.


----


[+] Currently reading : Rich Dad Poor Dad
[+] Currently playing : Depapepe - Start

Labels: ,

0 comments:

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists