Jika Hidup terasa Sulit

Jangan mempersulit diri!! Andai qt mw jujur sesungguhnya qt itu paling hobi mengarang, mendramatisasi, dan mempersulit diri. Sebagian besar penderitaan qt adlah hasil dari dramatisasi perasaan dan pikiran sendiri.

Dalam menghadapi pesoalan apapun jgn hanyut tenggelam dalam pikiran yg salah. Qt harus tenang, menguasai sambil merenungkan janji dan jaminan pertolongan Allah. Bukankah qt sudah melalui masa2 yg sangat sulit dan akhirnya bisa lo2s???

Yakinlah bahwa Allah yang Maha Tahu segalanya pasti telah mengukur ujian yg menimpa qt sesuai dosis yg tepat dengan keadaan dan kemampuan qt. "Karena sesungguhnya sesudah kesulita itu pasti ada kemudahan, dan sesudah kesulitan itu pasti ad kemudahan" (Alam Nasyrah : 5-6)

Sampai 2 kali Allah menegaskan jajiNya. Tidak mungkin dalam hidup ini terus menerus mendapatkan kesulitan karena dunia bukanlah Neraka. Demikian pula tidak mungkin dalam hidup ini mendapat kemudahan dan kelapangan karen dunia bukanlah Surga. Segalanya pasti akan ad hasilnya.

EVALUASI DIRI!!! Ketahuilah hidup ini bagaikan gaung di pegunungan. Apa yg qt bunyikan, suara it pula yg akan kembali kepada qt. Artinya segala yg terjadi pada qt adlah buah dari apa yg qt lakukan.

Andai kata ad batu yg menghantam kening qt ketika qt sedang berjalan d tengah lapangan, selain hati ini harus ridho, qtpun harus merenung. Mengapa Allah menimpakan batu ini ke kening qt? Padahal lapangan begitu luas dan kening ini begitu kecil. Bisa jadi semua ini adalah peringatan bahwa qt sering lalai bersujud atau sujud qt sering lalai dari mengingatNya. Allah tidak menimpakan sesuatu kepada qt secara sia2. Pasti smw ad hikmahnya.

HP ilang d bus?? Mengapa dari satu bus hanya qt yg ditakdirkan kehilangan HP? Jgn sibuk menyalahkan pencopet!! Karena memang sudah jelas ia yg salah dan memang begitu pekerjaanya!!! Renungknlah... Boleh jadi qt ini termasuk si kikir, si pelit dan Allah Maha Tahu jumlah zakat dan sedekah yg qt keluarkan. Atau boleh jadi HP tlah membuat qt lalai untuk beribadah kepadaNya. Tidak ada kesulitan bagiNya untuk mengambil apapun yg dititipkan kepada hambaNya.

Jangan terjebak pada sikap yg hanya menyalahkan keadaan dan orang lain karena tindakan emosional seperti itu hanya sedikit sekali memberi nilai tambah bagi kepribadian qt. Atau bahkan apabila tidak tepat dan berlebihan, akan menimbulkan masalah baru.

Ketahuilah dengan sungguh2, dengan mengubah diri, berarti qt merubah org lain. Ingatlah bahwa org lain tidak hanya punya telinga tapi mereka pun memiliki mata, perasaan, serta pikiran yg dapat menilai diri qt yg sebenarnya.

Jadikanlah setiap masalah sbg sarana efektif untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri. Karena hal itu akan membwt diri qt menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat mengundang pertolongan Allah.

(Ath-Thalaq : 2-3)






NB : dedicated for all indonesian people. We've 2 bring this nation in a better life. I believe we can do it.. Hope we'll get better in the future....

Thx 4 some1 who has inspired me.

0 comments:

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists