Interfaith Talk 16


Hari ini saya menghadiri acara yang sangat bermanfaat bagi saya . Acara ini sebenarnya merupakan acara rutin di kampus saya . Namun baru kali ini saya tertarik untuk menghadiri . Judul acaranya sama dengan judul postingan ini "Interfaith Talk 16" . Secara garis besar acara ini merupakan acara dimana antar pemeluk agama mengemukakan pendapat agamanya sesuai dengan tema yang diberikan . Semacam perbandingan agama gitu . Angka 16 sendiri berarti acara ini sudah berlangsung selama 16 kali . Jadi saya missed yang 15 sebelumnya . How poor I am . Tapi gak papa deh . Lebih baek telat daripada tidak sama sekali .

Tema interfaith talk kali ini adalah "Terrorism : My Religion's Point of View" . Speaker diambil dari 4 agama yang berbeda . Islam (diwakili oleh Dr. Shah Kirit bin Kalkulai Govindi) , Kristen (diwakili oleh Dr. Albert Sundararaj Walters) , Buddha (diwakili oleh Buddhist nun Ho Meng Ooi) , dan Hindu (perwakilan tidak hadir) . Saya tidak akan membahas pandangan dari agama kristen maupun buddha , karena enggak menarik (trust me) . Yang paling menarik adalah (tentu saja) penjelasan Dr. Shah Kirit tentang terrorism dan tanya jawab yang di lontarkan oleh para peserta . Karena saya anggap penjelasan Dr. Shah Kirit cukup bermanfaat untuk memperjelas pengetahuan kita tentang pandangan Islam terhadap terrorism , maka saya salin beberapa dari penjelasan beliau . Namun perlu saya tekankan , tidak menutup kemungkinan apa yang saya kutip dari beliau terdapat salah kata yang mungkin bisa berujung pada salah pengertian (harap di maklumi , bahasa inggris saya masih tergolong standar) . Dan tidak menutup kemungkinan pula apa yang beliau sampaikan ada yang tidak sesuai . Oleh karena itu , pendapat dan masukan Anda amat saya butuhkan . Berikut garis besar dari penjelasan beliau :

Bismillahirrahmanirrahim .


Assalamualaikum Brother and Sister .

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang terrorism dalam pandangan Islam . Namun sebelum membahas pandangan Islam terhadap terrorism , ada baiknya kita meninjau arti terrorism itu sendiri . Berdasarkan arti dalam berbagai kamus , kata terrorism mengacu pada perbuatan yang mendatangkan rasa takut (lihat di sini dan di situ) , baik dengan menggunakan kekerasan atau tidak . Berdasarkan pengertian ini , Islam tidak mengajarkan terrorism , karena Allah tidak mengutus Nabi Muhammad melainkan untuk membawa rahmat bagi seluruh alam semesta (Q.S. 21: 107) . Bahkan ayat - ayat yang terdapat dalam Al - Quran hampir mirip dengan deklarasi Human Right yang dikeluarkan oleh United Nations (PBB) .

  • Jihad


  • Lalu bagaimana dengan jihad ? Sering kita menyamakan jihad dengan terrorism . Berpikir bahwa ketika kata Jihad di perdengarkan , maka yang ada dalam bayangan kita adalah orang berkafiyeh dengan mengangkat senjata dengan berteriak Allah Akbar . Memang ini adalah salah satu bagian dari jihad . Karena jihad mempunyai bentuk yang bermacam - macam . Banyak orang mengira bahwa yang dinamakan jihad adalah perang , bahkan jika Anda mencari arti kata jihad dalam kamus , maka Anda akan mendapati artinya adalah Holy War (Perang Suci) . Berdasarkan ajaran Islam , tidak ada kemuliaan dalam memulai atau memberikan hasutan sehingga terjadi peperangan , walau dalam beberapa kasus peperangan tidak dapat dihindarkan dan dapat di benarkan .

    Sehingga seolah - olah yang ada dalam benak kita adalah Islam mengajarkan kekerasan . Hal ini berakibat seorang muslim akan merasa malu untuk menyatakan dukungannya terhadap jihad . Padahal arti kata jihad berdasarkan bahasa adalah "to struggle" (berjuang atau berusaha) . Secara istilah , jihad berarti berusaha di jalan Allah Jihad dalam konteks ini tidak hanya dalam hal pertempuran , tapi juga dalam hal lain . seorang muslim yang mengatakan kebenaran pada penguasa yang berbuat kejam (a tyrant) pun dapat dikatakan sebagai jihad (Sunan Abu Daud, Hadith 2040) . Jihad bisa berarti perang jika kita sedang mempertahankan diri (Q.S. 2 : 190) .

  • Israel vs Palestina


  • Bagaimana dengan kasus yang terjadi di Palestina ? Pertempuran yang terjadi di Palestina bukan pertempuran antara yahudi dengan Islam , tapi antara zionis dengan human right . Terdapat perbedaan antara zionis dengan yahudi . Zionis adalah bagian dari yahudi sehingga pemeluk zionis pasti beragama yahudi tapi orang yahudi belum tentu zionis . Patut di ketahui bahwa tidak semua penduduk Palestina adalah muslim . Sebagai bukti , pada saat saya pergi ke sana 3 tahun yang lalu , ada sekitar 700 ribu rakyat Palestina yang beragama non-muslim . Maka penyerangan Israel ke Palestina sama saja dengan penyerangan terhadap agama - agama di dunia , tidak hanya muslim saja . Namun anehnya , dalam peristiwa ini sebagian besar negara lebih memilih untuk tetap diam pada saat saudara mereka di bantai di Palestina .

    Jihad dalam bentuk mempertahankan diri seperti yang dilakukan oleh HAMAS di Palestina dapat di benarkan . Karena mereka mempertahankan diri dari penyerangan yang di lakukan oleh Israel . Sebagai perumpamaan , jika Anda mempunyai rumah dan ada perampok bersenjata yang hendak merampok harta benda Anda dan telah membunuh keluarga Anda , apa yang akan Anda lakukan ? Mempersilahkan masuk dan memberi ijin untuk berbuat sesukanya terhadap rumah Anda atau melawan dengan sekuat tenaga ? Saya yakin Anda akan melakukan yang kedua . Begitupun yang terjadi di Palestina . Tidak sepatutnya kita menyalahkan orang yang ingin mempertahankan keluarga serta harta bendanya . Sebagai catatan , 60 tahun yang lalu tidak ada namanya negara Israel . Daerah yang di kuasai Israel dulunya adalah milik Palestina secara penuh . Maka Anda dapat menggunakan otak Anda untuk berpikir siapa yang sesungguhnya bersalah dalam hal ini .

  • 11 September 2001


  • Peristiwa penabrakan pesawat yang sudah di bajak sebelumnya ke arah gedung World Trade Center di New York merupakan awal dari penyebarluasan kata terrorism . Menyebut Osamah bin Laden sebagai otak dari penyerangan tersebut , sejak saat itu Amerika menggunakan kata terrorism untuk menyebut negara - negara Muslim yang sekiranya dianggap berbahaya . Namun agaknya kita perlu mencermati beberapa hal .

    Pertama , pemberitaan media bahwa Osamah bin Laden adalah otak dari serangan ini hanya berselang beberapa saat setelah serangan itu terjadi dan tanpa verifikasi . Untuk mengetahui seseorang bersalah atau tidak , di butuhkan bukti - bukti yang kuat . Dan untuk mendapatkan bukti - bukti tersebut dibutuhkan waktu yang tidak sedikit . Namun anehnya pemerintah AS dapat menentukan bahwa Osamah bin Laden adalah pelakunya dalam waktu yang singkat .

    Kedua , runtuhnya bangunan WTC yang tidak roboh ke samping melainkan hancur secara bertahap ke bawah . Jika sebuah pesawat dapat merobohkan suatu gedung yang tinggi , maka secara nalar kita dapat memprediksi bahwa arah jatuh dari gedung itu adalah ke arah samping , tidak secara bertahap runtuh ke bawah . Hal ini memberikan praduga bahwa gedung WTC tidak roboh hanya dikarenakan tertabrak oleh pesawat itu . Tapi ada sebab lain .

    Dua bukti di atas cukup untuk membuat kita berpikir bahwa ada sesuatu di balik peristiwa 11 September yang tidak di beritakan oleh media . Selama tidak ada cukup bukti bahwa pelakunya adalah orang muslim , maka janganlah kita ikut - ikutan menyalahkan saudara kita sesama muslim .

  • Real Terrorist


  • Selama ini kita berpendapat bahwa terrorist adalah suatu predikat yang buruk . Tapi pada kenyataannya , sebutan terrorist dapat berarti baik dan buruk . Tergantung siapa yang mengucapkan dan dalam konteks apa dia mengucapkan . Sebagai contoh , jika ada polisi yang berusaha menangkap penjahat dan secara terpaksa harus mempertahankan diri dengan menggunakan senjata api untuk dapat menangkap penjahat tersebut , siapakah terrorist dalam masalah ini ? Ada dua katagori terrorist dalam contoh kasus ini . Berdasarkan pandangan penjahat, polisi adalah terrorist . Sedangkan bagi polisi , penjahat tersebut adalah terrorist . Lalu mana yang benar ? Untuk itu di perlukan acuan yang dapat di pertanggungjawabkan . Acuan dalam contoh kasus di atas adalah hukum yang berlaku di negara tersebut . Sedangkan acuan dalam penyebutan kata terrorist haruslah suatu hukum yang mutlak benar , yaitu Al - Quran . Oleh karena itu , tidak sepatutnya kita malu di sebut terrorist jika kita melakukan hal yang benar menurut Al - Quran .

  • What We Should Do


  • Bagaimana cara memberikan pemahaman kepada muslim lain dan non-muslim yang belum memahami arti dari terrorism dan jihad secara sebenarnya ? Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan . Salah satunya adalah dengan memperdalam ilmu tentang Islam dan mengamalkan apa yang ada dalam Al - Quran . Tanpa ilmu tentang Islam , kita tidak akan dapat membela agama kita jika ada orang yang berusaha merendahkan atau menyelewengkan . Namun ilmu saja tidak cukup . Amal yang kita lakukan berdasarkan Al - Quran sehari - hari akan menjadikan orang mengetahui yang sebenarnya tentang Islam . Bahwa Islam tidak mengajarkan kekerasan yang di gunakan sewaktu - waktu . Tapi ada aturan tertentu dimana kekerasan boleh di lakukan .

  • Pro Jihad


Sebagai penutup , saya teringat ada salah seorang teman saya yang berkata bahwa dia pro jihad . Inilah yang patut di ucapkan oleh seorang muslim . Dia harus menjadi orang yang pro jihad . Tentu tidak harus dengan pergi berperang . Tapi dengan melakukan apa yang bisa dia lakukan secara sungguh - sungguh . Akhir kata , mungkin ini yang bisa saya sampaikan . Apabila ada kata yang salah saya mohon maaf .

Wassalamualaikum .

19 comments:

  1. Riasmaja said...:

    Sebuah kegiatan yang sangat besar manfaatnya... kita bisa memahami perspektif dari masing-masing agama tentang isu saat ini... bukan untuk membandingkan bagus dan tidak bagus... namun lebih kepada pembelajaran hidup bertoleransi antar umat beragama...

    Tapi kemarin panitianya koq gak ngundang saya ya... Tuh.. perwakilan yang agama Hindu gak hadir... *he.he.. sok penting mode on... kabuuurrr..*

  1. Ahmad Sheva said...:

    bener om . ini sebagai pembelajaran bagi saya . belajar bagaimana pendapat orang terhadap agamanya sendiri .

    nah , , karena kemaren saya enggak dapet materi dari pembicara Hindu , mungkin om bs kasih penjelasan singkat ke saya bagaimana pandangan agama Hindu terhadap terrorism . gmn om ? mau kan ? jangan kabur dulu om sampe kasih penjelasan ke saya . hehe .

  1. firdaus.a said...:

    Iya tuh pegangin mas rias-nya... he..he..

    Terorisme... Saya mau lihat dari segi mana saja kok ga ketemu ya dimana baiknya.

    Banyak yang suka sembarangan sih, pake nama "perang suci" untuk sesuatu yang hanya memuaskan nafsu. Walaupun memang... saya pribadi juga tidak terlalu mau di'cekokin' definisi terorisme ala barat yang seenak perut mereka.

    Bukankah kita seharusnya adil.. layaknya Tuhan yang selalu Adil. Bela sesuatu yang benar, dan ingkari sesuatu yang salah. titik.

    (halah... ini ceramah malah.. maap)

    Ya,, selama ini benar dan baik.. semoga bermanfaat. Terimakasih infonya.

    Salam dari sini.

  1. abinehanafi said...:

    saya juga pro jihad lho....

    barat mang sangat takut dengan kata-kata itu maka mereka "pelintir" maknanya. termasuk sangat membenci asy-syahid abdullah azzam orang yang dianggap paling berjasa membangkitkan semangat jihad dunia Islam abad 20.

    saya sudah jihad belum yaa....

  1. itmam said...:

    aku punya istilah baru "TERONGISME" yaitu orang2 yang kebanyakan makan terong, biasanya kaum santri ga asing dengan masakan yang satu ini :D

  1. rezki said...:

    barokallahu fii ka,

    salam kenal,

    dijogja sering bgt loh acara ginian..

    eia,tukeran link yah,

  1. kitaro said...:

    inggris akan mengumumkan contest 2 yang disebut sebagai white hal
    dimana hal itu kan menambah semakin sempit ruang gerak dari muslim karena mereka akan mudah mendapat cap sebagai ekstrimis
    kalau begitu bagaimana dengan pandangan kita terhadap mereka?apakah kita juga harusnya membuat semacam RUU juga yang mengatakan bahwa yang berpandangan sempit terhadap Islam adalah teroris juga?
    hehehehe..ga tahu ah
    salam kenal untuk mas sheva semoga bisa menjadi teman dekat dalam curhat dan diskusi,

  1. Yenni said...:

    Aku sebenarnya mau kasih comment serius lho bro...lha pas baca commentnya bro Itmam, buyar deh semuanya :D wakakakak. Persis kaya tulisannya yang serba 3 :)

    Btw, aku salut habis melihat tulisanmu yang ini, sheva. Sekali lagi...analisamu itu sudah jauh melampaui usiamu.

    Keep fignting and keep creative...

  1. asep said...:

    thank articlenya..salam kenal

  1. itmam said...:

    slm...
    silaturahmi aja mas... gmn kabar?

  1. itmam said...:

    kbr sobat...??? ada award buat kamu di
    http://itmam.wordpress.com/2009/03/03/sudah-jatuh-tertimpa-tangga/
    monggo diunduh... [mohon maaf bila kurang berkenan ;)]

  1. Postingan yang menarik dan juga analisa yang akurat.

  1. itmam said...:

    ealah mba yenni kok bawa2 aku... aku bukan tokoh srimulat loh mba :mrgreen:

  1. yenni said...:

    @ Ahmad
    Sibuk kul ya, bro?
    Ampe belum sempet update...apalagi nyontreng wekekek...

    @bro Itmam
    wakaka...ketemu bro itmam di sini lagi :)
    Kamus baru....terongisme :D

  1. Assalamualaikum wr. wb...

    Salam kenal dulu deh mas, membuktikan kalo saya Manusia

  1. DJ Make Money said...:

    Introduce a new payment system of Paypal, and get Revenue from business with the program just put the logo on the blog or sites that have a PageRank 2 and above, each PageRank 1 multiplied $ 10 per month. Is Free ...

    For More Information Read the link below:
    http://djmake-money.blogspot.com/2009/06/paid-to-put-logo-from-pecfectmoneycom.html

  1. Febry said...:

    thanks,, i like it's so much and keep shared.duoduck

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists