Antara Pilihan dan Keharusan

Ketika saya mengikuti suatu training yg diadakan sekolah saya dalam rangka perpisahan, ad satu hal yg sangat membekas d hati saya. Saat itu sang trainer bertanya, "WHICH ONE ARE YOU, I HAVE TO LEARN or I CHOOSE TO LEARN?" Dan teman" saya pun terbagi menjadi dua bagian yaitu antara I HAVE TO LEARN dgn I CHOOSE TO LEARN. Sebagian besar dari teman" saya masuk k kelompok I have to Learn.

Pada dasarnya, pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yg simple namun jawaban dari pertanyaan tersebut menggambarkan mindset dari org tersebut. Ketika org menjawab I HAVE TO (something) maka dalam pikiran org tersebut melakukan pekerjaan tersebut adalah suatu keharusan. Dan dia tidak memiliki pilihan yg laen selain melakukan pekerjaan tersebut (saya mengambil contoh belajar [learn]). Pada akhirnya org dg mindset I HAVE TO akan membebani pikirannya sendiri. Maka ketika dia tidak melakukan pekerjaan tersebut, dia akan merasa sangat terbebani.

Berbeda dengan I HAVE TO, I CHOOSE TO menggambarkan mindset seorang yg dewasa. Karena ketika dia memilih I CHOOSE TO, hal itu berarti ad bnyak pilihan" yg ad d luar dia. Namun dia tetap memilih pekerjaan yg ingin dia lakukan (belajar contohnya). Dia memilih pekerjaan tersebut bukan karena org tua menyuruh. Bukan pula karena keadaan memaksa dia untuk melakukan pekerjaan tersebut. Akan tetapi dia melakukan pekerjaan tersebut karena dia tahu ap yg dia lakukan beserta konsekuensinya.

Dari pertanyaan trainer tersebut, saya jd berpikir. Betapa banyak org" d skitar qt yg cenderung melakukan sesuatu karena keharusan. Entah keharusan yg d sebabkan oleh org tua, lingkungan, maupun hal yg laennya. Akibatnya qt bs lihat betapa bnyak org yg harus kuliah karena org tua. Harus Kerja karena punya keluarga. Atau hal" yg lainnya. Dampaknya pun bs terasa. Ketika kuliah dapet nilai jelek dan tidak dapat mengikuti mata kuliah yg diajarkan maka dia akan menyalahkan org tua yg telah membuat dia masuk k jurusan tsb. Pun ketika seseorang yg merasa harus kerja karena punya keluarga. Pada saat dia capek dan letih, dia akan menyalahkan keluarganya yg telah membuat dia bekerja. Tapi bukan berarti saya menganjurka untuk tidak bekerja, kuliah, dsb. Namun saya ingin menekankan bahwa apapun yg qt jalani saat ini adalah PILIHAN qt. Bukan paksaan dari org laen. Sehingga ketika qt menjalani pilihan tersebut dan mendapatkan konsekuensinya (baek ato buruk) qt harus siap. Tanpa menyalahkan linkungan, org laen, bahkan mungkin ALLAH. SO,,WHICH ONE DO YOU PREFER?? ^^

0 comments:

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists