Sekali Berarti Sesudah itu Mati

Sekali berarti
Sudah itu mati.


Chairil Anwar - Diponegoro

Kecelakaan yang mengakibatkan meninggalnya seorang teman saya dan membuat seorang lagi sedang terbaring kritis d salah satu RS d surabaya menyadarkan akan satu hal yang sudah mulai saya lupakan , KEMATIAN . Suatu hal yang menjadi momok bagi sebagian besar manusia . Karena dgn mati berarti harus meninggalkan ayah dan ibu serta keluarga yang menyayangi qt , meninggalkan harta yg sudah susah payah d kumpulkan , dan meninggalkan smw kebanggan - kebanggaan yang ada pada diri pada saat qt masih hidup .

Kematian menjadi hal yg mutlak , yg tidak dapat d iingkari oleh seorang pun . Setiap makhluk hidup pasti akan mati . Mengenai kapan , dimana , serta saat sedang apa qt mati , hanya Allah yang tahu . Mengingat mati mengharuskan qt memikirkan lagi perbuatan - perbuatan yg tlah qt lakukan sebelumnya . Memikirkan lagi sudah seberapa besarkah kontribusi yg telah qt berikan kpd Islam . Memikirkan lagi warna apa yang telah qt berikan pada lingkungan d sekitar qt sehingga berubah menjadi lebih baik . Memikirkan lagi sudah berbaktikah qt kpd kedua ortu yg telah susah payah mencari nafkah , mengasuh , serta membesarkan qt . Tidak peduli seberapa besar pengorbanan yg telah qt berikan , tentu tdk akan sanggup membalas smw jasa kedua orang tua qt .

Hingga akhirnya , ketika saya memikirkan ttg hal ini , kesemuanya berujung pada satu pertanyaan , " SUDAH SIAPKAH SAYA UNTUK MATI ?" . Pertanyaan yg membuat saya merasa rendah diri , malu , dan menangis . Ingin hati ini menjerit betapa hingga saat ini saya belum melakukan apa - apa . Berdakwah ? Jarang . Berbakti kpd orang tua ? Bisa d hitung dg jari . Menjadi contoh yg baik bagi klwrga serta masyarakat ? Masih jauh .

Lalu apa yang sudah saya lakukan ? ? Menjadi anak yg suka berani sama ortu padahal uang blm bs cari sendiri ? Sok pinter padahal ilmu msh cethek ? Ya Allah , , betapa hamba msh belum sanggup menerima adzab siksa nerakaMu . Betapa hati ini merindu surgamu namun terasa amat jauh . Jika boleh hamba memohon , jadikanlah hidup hamba ini berarti ya Allah . Mempunyai andil dalam penegakan agamaMu , mempunyai arti sebagai anak bagi kedua ortu . Hingga jika tiba saat hamba kembali k pangkuanMu , hamba bs tersenyum dg menghadapMu .


=====================================================================================

seperti yang dikatakan oleh Chairil Anwar ,
Sekali berarti
Sudah itu mati.

Alangkah hina hidup ini jika hanya menjadi sampah .

4 comments:

  1. Anonymous said...:

    "Sekali Berarti Sesudah itu Mati",
    Saya sangat tidak setuju sekali dengan kalimat tersebut...
    Bagi saya, dalam perjalanan hidup saya, saya harus mampu memberi manfaat kepada sesama manusia dan lingkungan sekitar, tidak hanya sekali ...

  1. Anonymous said...:

    memang pada dasarnya qt harus berkali-kali memberi manfaat . tidak hanya sekali . namun yg saya tekankan dsini adalah seberapa kecil manfaat yg qt berikan , plg tidak harus ada manfaat slama qt hidup . meski hanya sekali . itu yg bs saya ambil dari petikan puisi d atas .

    but , thx bwt komentarnya mas .
    smg bs bermanfaat .
    :)

  1. kiki ali said...:

    hhh...
    iya.
    kita memang belum berbuat apa-apa.
    lebih sering lupa daripada ingat.
    ah teman, tolong ingatkan saia selalu

  1. .:shev:. said...:

    @kiki : yups . terlalu sering diri ini lupa bahwa ada hal besar menanti kita . yaitu KEMATIAN . kita sibuk mengejar KEHIDUPAN tapi tidak mempersiapkan diri untuk KEMATIAN .

    tolong ingatkan saya juga apabila ada yang salah . thx for being my friend . :)

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists