I've Burnt My Ship

Dalam hidup, selalu terdapat pilihan-pilihan yg akan muncul ketika qt mengambil suatu keputusan. Namun sesekali qt diharuskan untuk menutup pilihan yg laen ktika qt sudah memutuskan untuk mengambil suatu pilihan [yg baek menurut qt]. Saya akan mengambil beberapa contoh kisah yg pernah terjadi.


Kisah 1: Thariq Bin Ziyad
Seperti yg telah qt ketahui, Thariq menaklukkan kota Andalusia di Spanyol yg mempunyai pasukan sebanyak 200.000 dengan hnya pasukan muslim yg berjumlah 12.000. Pada saat itu, kota Andalusia mempunyai pertahanan yg sangat kokoh dgn dikelilingi laut. Ketika Thariq dan pasukannya mendarat d kota tersebut, Thariq melakukan hal yg tdk biasa. Namun akan selalu dikenang dalam sejarah. Yaitu membakar kapal yg telah mengantarkan mereka k kota tersebut. Bersamaan dg itu, dia naik ke atas sebuah bukit dan memotivasi pasukan muslim. "Kapal yg telah membawa qt telah terbakar, yg ad hanya lautan dan tidak ada jalan bwt lari lagi, sekarang tinggal qt pilih, mati tenggelam atau mati syahid", begitu mungkin kata yg diucapkan beliau. Dan pada akhirnya pasukan muslim d bwh pimpinan Tharq Bin Ziyad berhasil menaklukkan kota Andalusia yg terkenal kokoh.


Kisah 2:perang Dunia II
Kisah ini terjadi pada saat PD II. Dimana pada suatu ketika ada seorang pemimpin pasukan setingkat Letnan sedang dalam perjalanan pulang ke markas besar bersama dg pasukannya yg keletihan. Dalam perjalanan, sang Letnan menerima perintah untuk menghancurkan markas musuh. Letnan pun kebingungan. Cz gmn isa menang klo pasukannya aj udah capek en kalah jumlah. Bwt nyerang aj udah hmpir g bs. Namun karena tidak ingin melanggar perintah atasan, maka Letnan ini un mengarahkan pasukannya melalui jalan yg berbeda dg yg biasa mrk tempuh ktika pulang k markas. Sesampai d sebuah bukit, Ltnan ini berkata, "Q dapat perintah bwt ancurin markas musuh yg ad d seberang bukit itu. Gmn menurut kalian?". Para pasukannya pun menjawab,"G bs gtu pak. Bwt ap nyerang klo udah pasti kalah. Qt lho udah kehabisan logistik. Mana capek smw pula". Letnan,"Ya udah. Gini aj. Qt undian pke koin. Klo yg keluar itu kepala maka qt langsung pulang k markas dan saya akan menanggung resiko tidak melaksanakan tugas. Tapi klo yg klwr itu burung maka kalian smw haruz konsekuen menyerang markas musuh itu. Gmn?". Para pasukannya pun setuju. Akhirnya sang Letnan mengeluarkan koin dan melempar. Ternyata yg klwr adalah burung. Maka pasukan Letnan tsb menyerang markas musuh itu dgn habis-habisan. Setelah beberapa hari, pertempuran itu dimenangkan oleh sang Letnan. Sesampai d markas besar Letnan itu ditanya,"Bgmn anda bs memenangkan pertempuran dg pasukan yg udah capek?". Dg tersenyum Letnan itu mengeluarkan sebuah koin yg bergambar burung d kedua mukanya.


dari kisah di atas, ternyata ada saat dmn pilihan yg qt punyai haruz qt tutup smw sehingga hanya tinggal menyisakan satu pilihan. Dan pilihan itulah yg haruz qt jalani dg sepenuh hati. Jika disertai dg positive thinking, maka pilihan yg udah qt pilih itu akan menjadi suatu kekuatan dalam diri qt dan akan memberikan keberhasilan. Sama seperti saat ini, ketika saya masih bingung antara jd kuliah d malaysia atw g [pdhl udah ktrima] seorang ustadz terdekat saya memberi saran bahwa klo km udah istikhoroh dan ternyata itu adalah jalan yg ditunjukkan oleh Allah, maka jalani aj. Tentu stiap pilihan akan ad konsekuensinya. Entah saya jd berangkat ksana dan hidup saya berhasil atw bs jg saya jd brgkt namun ternyata hidup saya gagal. Pun ktika saya memutuskan untuk tdk berangkat akan mengandung konsekuensi yg sama. Yaitu GaGAL atw BerHASIL. Pada saat inilah diperlukan untuk menutup pilihan yg laen. Akhirnya saya pun memutuskan, SAYA AKAN BERANGKAT KULIAH KE MALAYSIA DG SIAP MENANGGUNG RESIKONYA. Pada akhirnya ustadz saya itu berkata,"U've burnt ur ship, so the decision is in ur hand. Whether U will be die under water or U will move forward en win the battle". So pasti aq pilih maju ke depan. Scara q kan px cita" hrz q raih.

Labels:

0 comments:

Post a Comment

It is my pleasure to get your best respond through your comment

Quotes of the Day

Recent Comments

Followers

Shev's bookshelf: read

OutliersKetika Cinta Bertasbih5 cmLaskar PelangiSang PemimpiEdensor

More of Shev's books »
Shev Save's  book recommendations, reviews, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists